Jurnal Refksi Dwi Mingguan Modul 1.3
JURNAL
REFLEKSI
DWI MINGGUAN
MODUL 1.3
OLEH :
AHMAD ZAKARIA
CGP ANGKATAN 9
KAB. BEKASI
Saya akan melakukan
refleksi menggunakan model 4F (Facts, Feelings, Findings and Future) yang
dikembangkan oleh Dr.
Roger Greenaway. Adapun
penjabaran refleksi model
4F adalah sebagai berikut:
1. Facts (Peristiwa)
Pengalaman mengikuti pembelajaran
pada minggu ini adalah :
Pada modul
1.3 ini saya
belajar tentang “Visi
Guru Penggerak”. Melalui
model kegiatan pembelajaran yang
menggunakan alur “MERDEKA”
saya mendapat pembelajaran
yang bermakna. Dimulai dari :Bagian M yaitu mulai dari diri. Alur ini
saya diharuskan membuat “Imajiku tentang murid di masa depan”. Berdasarkan
pengetahuan pendidikan sesuai filosofi KHD, saya diharuskan membuat visi
mengenai murid seperti apa yang saya inginkan di masa yang akan datang.Bagian E
yaitu eksplorasi konsep, saya menyimak model manajemen perubahan “BAGJA” yang
merupakan akronim dari
Buat pertanyaan utama,
Ambil pelajaran, Gali
mimpi, Jabarkan rencana, Atur
eksekusi sebagai terjemahan
bebas yang diadaptasi
dari model 5D
sebagai bagian dari inkuiri
apresiatif (Define, Discover, Dream, Design, Deliver). Bagian R
adalah ruang kolaborasi,
disini kami belajar
berdiskusi dan presentasi
dengan rekan sesama calon
guru Penggerak. Kami berdiskusi
membuat rencana BAGJA
berdasarkan “Prakarsa Perubahan” yang
sudah kelompok sepakati
dan membuat kalimat
“Prakarsa Perubahan” berdasarkan
visi yang sudah kelompok sepakati. Bagian
D adalah demonstrasi
konsep, yaitu membuat
kalimat kalimat “Prakarsa
Perubahan” berdasarkan visi yang
sudah dibuat, ditugas
individu kemudian membuat
rencana BAGJA berdasarkan “Prakarsa
Perubahan” tersebut. Bagian E selanjutnya elaborasi pemahaman, yaitu melakukan
diskusi dengan rekan sesama calon guru
dengan skala besar
bersama instruktur untuk
menguatkan pemahaman akan
materi konsep modul 1.3,
serta merefleksikan pemahaman
mengenai pentingnya prakarsa
perubahan diri yang lekat dengan visi, Profil Pelajar
Pancasila, dan aset yang telah dimiliki. Bagian
K adalah koneksi
antar materi, yaitu
mengaitkan pemahaman mengenai
peran pendidik dalam mewujudkan
filosofi pendidikan Ki
Hadjar Dewantara dan
Profil Pelajar Pancasila
pada siswa dengan paradigma
inkuiri apresiatif (IA)
di sekolah dan
merevisi, merumuskan kembali sebuah VISI
yang membuat mereka
bersemangat ketika membacanya,
dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya. Dan bagian
yang terakhir A
yaitu aksi nyata,
dengan merevisi dan
mengeksekusi rancangan BAGJA untuk
prakarsa perubahan diri
yang sudah dibuat
pada tahap Demonstrasi
Kontekstual untuk bahan sesi pendampingan individu bersama Pengajar
Praktik.Hal baik yang
saya alami selama
mengikuti pembelajaran pada
modul 1.3 ini
adalah saya mendapatkan
pengetahuan tentang paradigma Inkuiri
Apresiatif (IA), membuat
kalimat kalimat “Prakarsa Perubahan”
berdasarkan visi yang
sudah dibuat ditugas
individu kemudian membuat rencana BAGJA berdasarkan “Prakarsa
Perubahan” tersebut.
v Hambatan dan
kesulitan dalam proses
pembelajaran dalam minggu
ini saya mengalami
kesulitan membagi waktu dalam
mengerjakan tugas dikarenakan
di Sekolah sedang ada Pengimbasan
PSP.
v Usaha
saya untuk mengatasi hambatan dan kesulitan tersebut adalah dengan mengerjakan
di malam hari agar tugas CGP tetap bisa dikerjakan dengan baik.
2.
Feelings (Perasaan)
Perasaan saya
setelah pembelajaran pada
modul 1.3 saya
merasa tertantang untuk mewujudkan siswa saya menjadi siswa sesuai impian saya,
berdasarkan visi yang saya buat sesuai dengan kalimat prakarsa perubahan hasil
rencana dari paradigma Inkuiri Apresiatif (IA) (Penerapan BAGJA)
3.
Findings (Pembelajaran)
Pelajaran yang
saya dapatkan dari
proses ini adalah
saya belajar bahwa
membuat visi itu
sangatlah penting karena dari
visi itulah maka
kita dapat berjalan
menentukan langkah-langkah apa
saja yang harus dilakukan untuk
mencapai visi tersebut. Hal baru yang
saya ketahui mengenai
diri saya sendiri
setelah proses ini
adalah saya masih
sekedar mengajar menghabiskan materi kurikulum masih belum sesuai dengan
visi sekolah yang diharapkan
4.
Future (Penerapan)
Setelah
pembelajaran modul 1.3 maka saya akan mengusulkan visi pada Bapak kepala
sekolah sebagai penentu arah dari
kegiatan pembelajaran yang
ingin saya laksanakan,
membuat individu kemudian membuat rencana BAGJA berdasarkan “Prakarsa
Perubahan” tersebut.
Dengan Refleksi yang disampaikan menggambarkan Semangat bertumbuh untuk menjadi agen perubahan yang selalu bergerak dan menggerakan lingkungan.
BalasHapusTerimakasih Pak masukannya
BalasHapus